Contoh Surat Izin Pertamini

Contoh Surat Izin Pertamini

Contoh Surat Izin Pertamini | Kami ucapakan selamat datang bagi Anda yang saat ini sedang mengunjungi situs kami. Topik yang akan kami bahas kali ini yaitu seputar Pertamini atau Pom Mini masih tentang bagaimana mengurus surat ijin mendirikan usaha pertamini.  Setiap jenis usaha memang diharuskan memilki izin begitu juga dengan usaha Pertamini, oleh karena itu bagi Anda yang ingin tahu tentang bagaiaman mengurus izin usaha pertamini, simak artikel ini sampai tuntas.

Izin usaha perdagangan atau yang lebih familiar dengan singkatannya yaitu SIUp merupakan izin yang harus dimiliki oleh setiap pemilik usaha.

Apa Itu Izin Usaha?

Izin usaha secara umum jika digaris besarkan secara umum adalah suatu bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak yang berwenang atas izin atas adanya suatu kegiatan usaha.

Jenis Izin Usaha

Berdasarkan usaha yang dimiliki dan dilihat dari usahanya maka izin usaha (SIUP) memiliki beberapa jenis, seperti siup besar, siup menengah, dan siup kecil, macam macam siup seperti:

SIUP Besar adalah izin untuk perusahaan dengan modal di atas Rp 500.000.000.

SIUP Menengah adalah izin untuk perusahaan dengan modal berkisar antara Rp. 200.000.000 sampai Rp. 500.000.000.

SIUP Kecil adalah izin untuk perusahaan dengan modal dan kekayaan bersih pemilik lebih kecil atau sama dengan Rp. 200.000.000.

Jadi silahkan yang memiliki usaha tinggal lihat apakah modal kita termasuk yang mana, maka pengurusan SIUP nya di klasifikasikan pada jenis siup sesuai modalnya, dengan kata lain semua jenis usaha harus memiliki izin usaha.

Langkah Dan Prosedur Pembuatan Izin Usaha

Setelah tadi kita mengetahui tentang jenis-jenis siup, kini kita lanjutkan kepada proses pembuatan SIUP. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat SIPU untuk Pertamini. Sebelum kita memlakukan aktifitas melakukan penjulan bensin di Pertamini tentu yang harus kita lakukan adalah mendapatkan izin usaha perdagangan atau SIUP.

Berikut adalah prosedur pembuatan izin usaha pengangkutan minyak bumi, BBM dan hasil olahan Direktorat Jenderal MIGAS (minyak dan gas bumi)

Badan Usaha yang bersangkutan melengkapi persaratan pembuatan izin usaha

Badan Usaha yang bersangkutan mengajukan permohonan pembuatan Izin Usaha.

Direktorat Jenderal MIGAS (Minyak dan Gas Bumi) melakukan penelitian dan evaluasi terhadap data administrasi dan teknis untuk persetujuan atau bahkan penolakan terhadap pengajuan Izin Usaha.

Selanjutnya Direktur Jenderal MIGAS (Minyak dan Gas Bumi) atas nama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan Izin Usaha sesuai pengajuan, dengan masa berlaku paling lama 20 (dua puluh) tahun terhadap permohonan terrhadap Izin Usaha yang telah disetujui.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mengambil formulir pendaftaran/surat permohonan di Kantor Dinas Perdagangan
  2. Formulir pendaftaran diisi dan ditandatangani
  3. Membayar tarif pembuatan SIUP
  4. Pengambilan SIUP

Untuk membuat SIUP ada beberapa persyaratan yang harus di lengkapi.

Berikut adalah persyatan membuat SIUP untuk perushaan Perorangan bisa diaplikasikan utuk Anda yang sedang membuat ijin usaha pertamini.

Materai senilai Rp. 6.000

Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (sebanyak 2 lembar).

Izin lain yang terkait usaha yang dijalankan.

Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemegang saham perusahaan

Fotokopi NPWP

Surat keterangan domisili atau SITU

Neraca perusahaan

Contoh Formulir SIUP Yang Harus Anda Isi

Contoh SIUP Yang Sudah Jadi

Untuk Anda yang ingin mendapatkan Pertamini yang berkualitas dengan harga termurah. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kami langsung TELEPON/SMS : 082217135137 WA : 082217135137

Baca Juga:

Posted By: Harga Mersin Pertamini

One thought to “Contoh Surat Izin Pertamini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *